Iridescence : Not a Linkin Park's Song ~ "I'm just a leaf,not a flower"
Iridescence : Not a Linkin Park's Song | "I'm just a leaf,not a flower"

Sabtu, 20 Agustus 2011

Iridescence : Not a Linkin Park's Song

Iridescence (also known as goniochromism) is generally known as the property of certain surfaces which appear to change color as the angle of view or the angle of illumination changes. Iridescence is commonly seen in items such as soap bubbles, butterfly wings, and sea shells. -Erick Sumarman, 2011-


Iridescence.. 
Istilah yg keren, menurut saya, dari segi spelling, segi pengucapan, sampe dari segi makna dari kata-kata ini.. 


Iridescence of fish scales [link]



Saya pagi ini membuka fesbuk, dan secara tidak sengaja melihat sharing youtube dari kakak kelas SD sekaligus tetangga sakndeso saya di kampung, kak Erick Eko Sumarman. Beliau kebetulan ngeshare sebuah video clip dari Linkin Park yang berjudul Iridescent, yang merupakan OST dari Transformers 3.


Saya jadi teringat, saya pernah mendengar kata-kata ini sebelumnnya di sebuah serial tipi, yaitu CSI Miami. Jadi ceritanya dalam episode itu ada sebuah kasus penembakan di jalan raya. Kemudian para saksi mata diminta menyebutkan tipe dan warna dari mobil tersangka tersebut. Seorang saksi mata menyebutkan bahwa tersangka mengendarai SUV warna merah, namun beberapa saksi mata yang lain menyebutkan bahwa tersangka mengendarai SUV berwarna biru. Padahal saksi mata-saksi mata tersebut berada di lokasi TKP dan waktu yang sama pada saat melihat mobil tersebut. Detektif Eric Delko kemudian menyelidiki hal tersebut bersama Detektif Calleigh Duquesne, dan selidik punya si sidik, akhirnya Detektif Delko mengungkapkan bahwa ternyata mobil SUV tersebut menggunakan cat khusus yang bersifat Iridescent, yang membuat bias kesaksian dari para saksi mata-saksi mata. Karena mereka melihat SUV tersebut dari sudut yang berbeda, walaupun di dalam satu lokasi TKP. Jadi bila dilihat dari sisi saksi mata yang pertama, SUV itu berwarna merah, namun bila dilihat dari sisi saksi mata yang lain berwarna biru.


Itu adalah cerita fiksi di sebuah serial televisi favorit saya. Namun di dunia nyata, ternyata bukan hanya mobil SUV saja yang memakai cat yang bersifat Iridescent. Kita semua pun memakai cat iridescent tersebut, bukan hanya di muka kita, namun di semua bagian dari individualitas kita. Artinya adalah, warna, penampilan, benar-salah, dan baik-buruk dalam diri kita adalah bersifat iridescent, alias tergantung dari sudut mana saksi mata melihat kita. Namun yang lebih kompleks adalah, bila pemilik SUV di CSI Miami tersebut bisa merequest kepada tukang cat untuk mengecatkan cat iridescent yang berwarna biru-merah, namun dalam dunia nyata kita sendiri tidak tau apa warna cat iridescent dalam diri kita sendiri. Atau dengan bahasa "rasis" saya [dimana saya selalu mengeluarkan istilah-istilah "rasis" atau "lokal" saya ketika saya sedang kehabisan kata-kata], "Awake dhewe ura isoh ngarani wernane dhewe kiy oplo sakjan-jane".


Lalu untuk menyikapi cat iridescent di setiap individu di sekeliling kita bagaimana?? Entahlah.. Saya sekali lagi bukan Mario Teguh yang pandai gambleh memberi petuah-petuah hidup uopooo lah. Saya hanya bisa mengatakan watever watehel watefak dimanapun kita berada, pasti ada saat dimana kita melihat warna yang berbeda dari objek yang sama dari yang dilihat oleh orang lain, dan kadang situasi tersebut bukan merupakan situasi yang dapat ataupun layak diperdebatkan, karena pada akhirnya kita mendapatkan bahwa warna-warna tersebut hanyalah efek iridescence.


No conclusion for this topik, let's just watch this great video by a great band, Linkin Park - Iridescent. ;D



4 comments:

deewahjoedi mengatakan...

oh, itu ya artinya iridescent..

keren juga filosofinya ;D

tuanputriburukrupa mengatakan...

@deewahjoedi keren ya yg nyiptain lagunya.. ;)

Iqbal Alghifari mengatakan...

nice posting...
saya kira linkin park eh ternyata bukan, tapi saya suka postingannya...

tuanputriburukrupa mengatakan...

@Iqbal Al Ghifari heheh,,kan udah ada di judulnya, Bukan Lagu Linkin Park.. thanks ya.. =D